Pelaporan Produk Asuransi Mikro

OJK

Perusahaan asuransi yang akan memasarkan produk asuransi mikro terlebih dahulu melaporkan produknya kepada OJK, sebelumproduk itu dijual dan dipasarkan. Tata caradan persyaratan pelaporan produk asuransimikro akan diatur di dalam peraturanmengenai asuransi mikro.Pelaporan produk asuransi mikro dilakukandengan ketentuan sebagai berikut:

1. Perusahaan dengan jelas menuliskankode “Asuransi Mikro” atau “AsuransiMikro syariah” sebagai bagian darinama produk yang disampaikan untukdipasarkan. Pelaporan produk asuransimikro dilakukan oleh perusahaan asuransikepada OJK dengan melampirkan cek-listkelengkapan dokumen.

2. Pelaporan produk asuransi dikategorikanmenjadi:

a. Pelaporan Produk Baru, yaitupelaporan produk yang sama sekalibelum pernah dipasarkan olehperusahaan.

b. Pelaporan Perubahan SpesifikasiProduk, yaitu pelaporan atas produkyang telah dilaporkan dan dicatatoleh OJK yang diubah beberapaspesifikasi dasar yang bersifatmateriil, seperti perubahan rumusanperhitungan rate premi, nilai uangpertanggungan, penambahan benefityang tidak terkait dengan produkasuransi dan perubahan beberapasyarat ketentuan yang mengaturklaim.

c. Pelaporan Perubahan Produk, yaitupelaporan atas perubahan atasproduk yang telah dilaporkan dandicatat oleh OJK yang tidak bersifatmendasar. Perubahan dimaksudadalah perubahan yang tidakbersifat materil dan tidak terkaitkepada spesifikasi, syarat ketentuandan kualitas layanan kepada pesertaasuransi. Contoh perubahanyang tidak mendasar antara lainperubahan nama produk, perubahanlogo perusahaan, nomor teleponatau hal lainx` sejenisnya.

3. Perusahaan harus mencantumkandengan jelas kategori pelaporan.

4. Dalam hal produk asuransi mikrotermasuk produk bersama, makapelaporan produk dapat diajukan dalamsatu berkas yang ditandatangani olehsemua perusahaan asuransi yang terlibatdalam pembuatan produk asuransibersama, dengan penjelasan perihalhak dan tanggung jawab masing-masingpihak.OJK mencatat produk asuransi mikro yangdilaporkan perusahaan selambat lambatnya14 (empat belas) hari kerja setelahditerimanya dokumen secara lengkap. Apabilasetelah 14 (empat belas) hari kerja sejakberkas pelaporan produk diterima secaralengkap, OJK tidak memberikan tanggapan,Perusahaan asuransi dapat memasarkanproduk tersebut. Meskipun demikian,perusahaan wajib memperbaiki produkasuransi tersebut apabila dikemudian haridiketahui produk dimaksud belum memenuhi ketentuan yang berlaku.