Asuransi Sinarmas Luncurkan 9 Produk Mikro

0
1255

MAGELANG- PT Asuransi Sinar Mas bersama-sama dengan PT Bank Sinarmas, Tbk melaksanakan acara Peluncuran Layanan Keuangan Masyarakat.

Ada 4 layanan yang diluncurkan pada acara ini yaitu Laku Pandai, Laku Mikro, SIMPEL dan Asuransi Mikro.

Layanan Keuangan Masyarakat ini merupakan layanan terpadu yang menyediakan produk dan jasa keuangan mikro untuk masyarakat berpenghasilan rendah dengan layanan yang mudah diakses, sederhana, cepat dan dengan harga yang terjangkau.

Layanan ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan akses masyarakat terhadap produk dan jasa keuangan yang dimulai dengan pengenalan produk dan jasa keuangan, salah satunya produk asuransi.

PT. Asuransi Sinar Mas (ASM) mendukung komitmen OJK dalam hal pengembangan asuransi mikro. Produk asuransi mikro yang dipasarkan adalah asuransi mikro standar AAUI dan asuransi mikro yang didesain oleh ASM ujar Howen Widjaja, Direktur Utama ASM dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Senin (11/1).

Produk asuransi mikro standar AAUI meliputi Asuransi Mikro Rumahku, Asuransi Mikro Stop Usaha Erupsi, Asuransi Mikro Stop Usaha Gempa Tsunami, Asuransi Mikro Si Abang Erupsi dan Asuransi Mikro Si Abang Gempa Tsunami.

Sedangkan produk asuransi mikro ASM yang sudah mendapatkan persetujuan dari OJK adalah Simas Petani, Simas Perlindungan, Simas Sehat Mikro dan Simas Siswa Mikro, jelas Howen

Sesuai dengan POJK Nomor 23/POJK.05/2015 tentang Produk Asuransi dan Pemasaran Produk Asuransi, produk asuransi mikro memiliki karakteristik Sederhana, Mudah, Ekonomis, dan Segera (SMES). Produk asuransi simas mikro ASM dipasarkan dalam bentuk voucher asuransi dengan premi mulai Rp. 10.000,- sampai dengan Rp. 50.000,-.

Untuk pemasaran produk simas mikro dilakukan melalui agen/business partner Asuransi Sinar Mas yang saat ini telah berjumlah 18.548 agen dan 244 kantor cabang/pemasaran di seluruh Indonesia. Selain itu di tahun 2016, Asuransi Sinar Mas juga sedang menjajaki kerjasama dengan lembaga-lembaga atau koperasi yang ada di wilayah pedesaan. Selain memasarkan produk asuransi mikro, para agen/business partner ASM juga akan diedukasi untuk menjadi Agen Laku Pandai.

Salah satu produk asuransi mikro yang diluncurkan ASM adalah Simas Siswa Mikro, yaitu produk asuransi yang ditujukan bagi siswa. Asuransi ini merupakan asuransi kecelakaan diri dengan jaminan resiko meninggal dunia dan cacat tetap akibat kecelakaan, biaya pengobatan akibat sakit maupun kecelakaan, serta santunan biaya pemakaman.

Produk ini dirancang sebagai tindak lanjut dari kegiatan Literasi Keuangan yang telah dilaksanakan oleh Asuransi Sinar Mas di tahun 2015 bagi 40.432 siswa-siswi Sekolah Dasar dari 130 Sekolah Dasar di 10 kota yaitu Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang, Pekanbaru, Palembang, Yogyakarta, Surabaya, Pontianak dan Manado.

Pada tahun 2015, ASM melakukan kegiatan literasi keuangan bagi siswa dalam bentuk story telling/bercerita mengenai asuransi serta juga pembagian buku cerita dan mewarnai mengenai Asuransi.

Awal tahun 2016, kegiatan literasi keuangan tersebut dilanjutkan dengan inklusi keuangan melalui kegiatan penyerahan polis dan kartu asuransi Simas Siswa Mikro bagi 1.160 siswa-siswi Sekolah Dasar di wilayah Magelang dan sekitarnya.

Penyerahan polis dan kartu asuransi telah dilakukan pada tanggal 6 Januari 2016 bagi 3 Sekolah Dasar yaitu SD Sedayu 1, SDN Muntilan dan SD Temanggung II. Pada hari ini, 8 Januari 2016 akan diserahkan asuransi Simas Siswa Mikro bagi siswa siswi SD Tegal Rejo. Selanjutnya seluruh siswa Sekolah Dasar (40.432 siswa) yang telah mengikuti kegiatan literasi keuangan pada tahun 2015 yang lalu akan mendapatkan Polis dan Kartu Asuransi Simas Siswa Mikro secara bertahap.

sumber: finansial.bisnis.com