Selayang Pandang Pasmina 2 – Pasar Asuransi Mikro Indonesia ke 2

0
2219

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan Bank Dunia, dengan dukungan SECO, kembali mengadakan kegiatan Pasar Asuransi Mikro untuk yang kedua kalinya (Pasmina 2) pada tanggal 29 Oktober di hotel Sunan, Surakarta. Pasmina tahun ini mengambil tema “Saluran Distribusi Asuransi Mikro”. Kegiatan ini dirangkai dalam bentuk mulai dari sayembara penulisan proposal dengan tema yang sama, TOT (Training of Trainer) dengan beberapa perwakilan koperasi di Surakarta Raya, penandatangan kerjasama pemasaran asuransi mikro antara perusahaan dan komunitas, testimoni dari industri terkait kegiatan pemasaran dengan mitra, serta pameran produk-produk asuransi mikro yang diikuti oleh industri perasuransian.

Acara Pasmina 2 - di Hotel Sunan SoloAcara Pasmina 2 – di Hotel Sunan Solo

Suasana Pameran PasminaSuasana pameran Pasmina

Kegiatan TOT di Novotel SoloKegiatan TOT di Novotel Solo

Sehari sebelumnya (28 Oktober 2015), OJK, Bank Dunia dan asosiasi industri asuransi berkolaborasi untuk melaksanakan kegiatan Traning of Trainers (ToT) yang diikuti oleh sekitar 80 perwakilan koperasi dari wilayah Surakarta dan sekitarnya, seperti Wonogiri, Klaten, Sragen, Boyolali yang mengambil tempat di Hotel Novotel Surakarta.

Peserta disambut gapura asuransi mikroPeserta disambut gapura asuransi mikro

Peserta menyanyikan lagu Indonesia RayaPeserta menyanyikan lagu Indonesia Raya

Acara Pasmina 2 dihadiri oleh sekitar 400 orang yang terdiri dari pimpinan OJK Pusat dan Kantor Regional, pemerintah daerah Kota Solo, perwakilan donor, industri perasuransian, perwakilan komunitas, perwakilan lembaga keuangan mikro dan koperasi di daerah Jawa Tengah, serta sekitar 40 fasilitator dan penggerak komunitas dari berbagaipropinsi yang mendukung dan terlibat langsung dalam kegiatan sosialisasi asuransi mikro di daerah masing-masing.

Pembukaan Pasmina 2 dengan pemukulan gongPembukaan Pasmina 2 dengan pemukulan gong

Acara dibuka secara resmi oleh Plt Walikota Surakarta, Bapak Budi Suharto, pimpinan Kantor Regional OJK Jawa Tengah Bapak Santoso, perwakilan Bank Dunia, Program Leader Ibu Tatiana Nenova dan Kepala Departemen Pengawasan Industri Keuangan Non Bank Ikhsanuddin

Pejabat Walikota Surakarta Bapak Budi Suharto memberikan sambutanPejabat Walikota Surakarta Bapak Budi Suharto memberikan sambutan

Dalam sambutannya selaku tuan rumah, Plt. Walikota Surakarta yang memakai pakaian adat Jawa merasa bangga dan berterima kasih bahwa Surakarta dipilih menjadi tempat penyelenggaraan Pasmina 2.

Kepala Regional OJK Jawa Tengah, Bapak Santoso memberikan sambutanKepala Regional OJK Jawa Tengah, Bapak Santoso memberikan sambutan

Sambutan balasan dari pimpinan Kantor Regional OJK Jawa Tengan memberikan gambaran secara umum tentang perkembangan asuransi mikro di Indonesia.

Ibu Tatiana Nenova Program Leader World Bank Jakarta memberikan sambutanIbu Tatiana Nenova Program Leader World Bank Jakarta memberikan sambutan

Sementara itu pihak Bank Dunia yang diwakili oleh Program Leader Tatiana Nenova dalam sambutannya mendukung pemerintah dalam pengembangan asuransi mikro di Indonesia, yang diharapkan dapat membantu rumah tangga rentan agar tidak jatuh ke dalam kemiskinan.

Bapak Ikhsanuddin, Kepala Departemen Pengawasan IKNB OJK memberikan keynote speechBapak Ikhsanuddin, Kepala Departemen Pengawasan IKNB OJK memberikan keynote speech

Pada sambutan kunci, Kepala Departemen Pengawasan IKNB Bapak Ikhsanuddin yang mewakili Ketua Komisioner OJK menyampaikan penghargaan dan memberikan data-data perkembangan serta prospek asuransi mikro di Indonesia dan harapannya agar pelaku industri asuransi tidak ragu untuk mengembangkan program asuransi mikro ini.

Penyerahan hadiah kepada pemenang Call of ProposalPenyerahan hadiah kepada pemenang Call of Proposal

Dalam acara Pasmina kedua ini juga disampaikan pemenang sayembara penulisan proposal dengan tema “Saluran Distribusi Asuransi Mikro“. Bapak Muchlasin sebagai Direktur IKNB Syariah OJK menyampaikan keputusan dewan juri, yang terdiri dari perwakilan OJK, asosiasi asuransi, akademisi dan Bank Dunia.

Presentasi Pemenang 1 Call of ProposalPresentasi Pemenang 1 Call of Proposal

Presentasi Pemenang 2, Nur FadilahPresentasi Pemenang 2, Nur Fadilah

Presentasi Pemenang 3 oleh H. SafarPresentasi Pemenang 3 oleh H. Safar

Tiga orang pemenang sayembara penulisan proposal saluran distribusi asuransi mikro diumumkan oleh Direktur IKNB Syariah Moch. Muchlasin, yaitu: E. Yoga Prasetyo dari Jakarta, dengan judul Menembus Kebuntuan Distribusi Asuransi Mikro dengan ‘Sinergi Segitiga’; 2 Nur Fadhillah dari Jakarta, dengan judul Asuransi Beasiswa Pendidikan yang di-bundle pada Tabungan Basic Saving Account (BSA) sebagai bentuk loyalitas nasabah melalui saluran distribusi para agen Laku Pandai; dan Safar dan Suwandi dari Mataram, dengan judul Peran Lembaga Sosial Kemasyarakatan dalam Sosialisasi dan Pemasaran Produk Asuransi Mikro Indonesia. Kemudian masing-masing pemenang diberi waktu untuk memaparkan ide mereka mengenai saluran distribusi di hadapan seluruh peserta.

Penandatanganan MOU antara AASI dengan komunitas HC4US (Human Capital or Us)Penandatanganan MOU antara AASI dengan komunitas HC4US (Human Capital or Us)

Sebagai salah satu komitmen industri asuransi dalam meluaskan saluran distribusi, Asosisasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) yang diwakili Ibu Srikandi Utami melakukan nota kesepakatan dengan Komunitas HC4US (Human Capital For Us) yang diwakili oleh Ibu Mutia Sari untuk memasarkan produk mikro syariah Si Bijak. Acara ini disaksikan oleh Bapak Ikhsanuddin didampingi oleh Bapak Muchlasin, Ibu Tatiana dan Bapak Santosa.

Testimoni tentang saluran distribusi oleh Bp. Jacob NugrahaTestimoni tentang saluran distribusi oleh Bp. Jacob Nugraha

Sementara itu Jakub Nugraha dari Asuransi Central Asia (ACA) berbagi pengalaman melakukan kemitraan pemasaran produk Asuransiku bersama Pegadaian.

 

Presentasi Mid Term Report oleh Ibu Neni Lestari, Financial Sector Specialist Bank Dunia JakartaPresentasi Mid Term Report oleh Ibu Neni Lestari, Financial Sector Specialist Bank Dunia Jakarta

Dalam Pasmina 2 ini juga disampaikan paparan ringkasan laporan mid-term oleh Ibu Neni Lestari, Financial Sector Specialist Bank Dunia Jakarta. Laporan ini merupakan hasil survey yang dilakukan pada saat kegiatan sosialisasi ke komunitas dan training of trainers (ToT) di 16 propinsi bulan Februari dan Maret 2015 lalu yang dan hasil kuesioner yang ditujukan bagi industri sebagai penyedia produk.

Dari paparan ini, baik dari segi permintaan (masyarakat) maupun penyedia produk asuransi menyatakan pentingnya edukasi dan sosialisasi secara masal untuk meningkatkan pemahaman, sekaligus mengurangi persepsi negatif mengenai asuransi. Saluran media massa yang paling diharapkan terutama melalui televisi dan radio karena bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Masyarakat juga mengharapkan tersedianya produk-produk asuransi mikro yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

Foto bersama OJK, World Bank, SECO dan Fasilitator dari 16 propinsiFoto bersama OJK, World Bank, SECO dan Fasilitator dari 16 propinsi

Tokoh komunitas dan fasilitator yang hadir pada kegiatan Pasmina 2 datang dari berbagai daerah di Indonesia, adalah para penyambung informasi yang selama ini sudah mendukung dan membantu terlaksananya kegiatan sosialisasi asuransi mikro di daerah masing-masing. Mereka berharap semua pemangku kepentingan menindaklanjuti kegiatan sosialisasi yang sudah berlangsung, termasuk adanya edukasi melalui saluran media massa dan ketersedian produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Foto bersama tim kerja Pasmina 2 OJK dan World Bank JakartaFoto bersama tim kerja Pasmina 2 OJK dan World Bank Jakarta

Penutup oleh Ketua Panitia Bp. Muchlasin didampingi MCPenutup oleh Ketua Panitia Bp. Muchlasin didampingi MC.